Minggu, 03 April 2011

ATM Mandiri

ATM BANK MANDIRI

 

Mandiri ATM.. Semakin Dekat, Semakin Mudah

 

Mandiri ATM, Semakin dekat…

Anda dapat melakukan aktivitas perbankan melalui lebih dari 2.500 Mandiri ATM yang tersebar di lokasi-lokasi yang strategis di seluruh propinsi di Indonesia.

Mandiri ATM, Semakin mudah…

 

Berbagai jenis transaksi dapat dilakukan di Mandiri ATM, mulai dari pembayaran tagihan, isi ulang pulsa, pembelian tiket, inquiry, transfer antar rekening, cetak 5 transaksi terakhir, dll.

Mandiri ATM, 24x7…

 

Layanan Mandiri ATM dapat dimanfaatkan setiap saat, 24 jam sehari 7 hari seminggu

Mandiri ATM, Multi akses….

Selain menggunakan Kartu Mandiri, Mandiri ATM juga melayani transaksi menggunakan kartu Mandiri VISA, Kartu BSM, kartu berlogo Link serta kartu berlogo Visa/Plus/Visa Electron

Mandiri ATM, bebas biaya transaksi…

Layanan Mandiri ATM tersedia dengan gratis (kecuali untuk pembayaran listrik dan pencetakan mutasi).

Mandiri ATM, didukung layanan Call Mandiri 14000

Untuk informasi lengkap atau apabila terdapat permasalahan dalam penggunaan Mandiri ATM, nasabah dapat menghubungi layanan Call Mandiri 14000

Fitur/Layanan Mandiri ATM

  1. Fitur Standar / Akses ke Rekening
    Penarikan Tunai, Inquiry Saldo, Transfer Antar Rekening, Penggantian PIN, Inquiry Rek. Valuta Asing, Inquiry Rek. Pinjaman, Cetak 5 Transaksi Terakhir
  2. Payment Umum/Utilities/Open Payment
    Mandiri Visa, PLN, Tiket Garuda, Kompas, XL Kita, OTO-Multiartha, AXA Mandiri, BSI, AMIKOM, Indovision, Indosatnet, CBN, Air Efata
  3. Pembayaran Tagihan Telepon
    Telkom, kartu Halo, Matrix, IM3 Bright, XL/Xplor, FREN, Esia, Telkom Flexi
  4. Isi Ulang Pulsa;
    Simpati, Mentari, IM3 Smart, FREN, Esia, Flexi Trendy, XL/bebas
  5. Registrasi
    SMS Banking Mandiri, Internet Banking Mandiri, Call Mandiri
  6. Kartu Mandiri Visa
    Cash Advance, Inquiry Tagihan

Tips Penting bagi Nasabah

  1. Pada Saat Menerima Kartu ATM
    • Segera tanda tangani kartu pada kolom signature panel.
    • Buat catatan berisi nomor rekening, nomor kartu dan nomor telepon cabang dan Call Mandiri. Simpanlah catatan ini di tempat yang aman.
    • Segera lakukan penggantian PIN awal. Selanjutnya biasakan mengganti PIN secara berkala. Hindari membuat rumusan PIN yang mudah ditebak misalnya tanggal lahir, atau nomor telepon.
    • Hapalkan PIN. Hindari menulis PIN di dompet, tas, pada kartu atau media lain yang mudah dibaca orang lain
    • Dianjurkan untuk melakukan registrasi/pendaftaran sarana ebanking lainnya seperti Internet Banking, SMS Banking dan Call Mandiri, agar lebih mudah untuk memonitor rekening.
  2. Selama Menjadi Nasabah
    • Jangan pernah memberitahukan PIN kepada orang lain, baik lisan, melalui telepon atau SMS
    • Jangan pernah memberikan nomor kartu kepada pihak lain selain kepada Bank Mandiri.
    • Pastikan kartu selalu berada di tempat yang aman.
    • Kartu jangan sampai tertekuk atau tergores.
    • Segera telepon Call Mandiri 14000, apabila kartu hilang atau dicuri, sekaligus minta agar kartu diblokir.
    • Dalam melakukan pembayaran tagihan PLN dan Telkom, sebaiknya lakukan pembayaran lebih dini, mengingat pada saat menjelang due date pembayaran, biasanya akan terjadi load yang sangat tinggi pada system PLN dan Telkom, sehingga tingkat keberhasilan transaksi bisa menurun.
  3. Saat Bertransaksi
    • Batalkan transaksi dan segera laporkan ke bank, jika menemukan tanda-tanda yang mencurigakan di ATM, seperti benda-benda asing/kabel yang tidak wajar.
    • Segera pindah ke ATM lain jika lokasi ATM gelap atau tersembunyi
    • Pada saat antrian di ATM pastikan orang lain tidak bisa melihat PIN dan nomor kartu.
    • Untuk menghindari terjadinya salah bayar, maka sebelum melakukan konfirmasi akhir untuk transaksi pembayaran yang dilakukan, periksa kembali secara seksama (melalui screen konfirmasi) data nomor telepon, ID pelanggan PLN, kode booking, atau nomor kartu kredit yang telah dientry sebelumnya.
    • Periksa bukti transaksi sebelum meninggalkan ATM. Simpanlah bukti tersebut.
    • Segera mengambil uang dan kartu, karena bila terlalu lama tidak diambil maka uang atau kartu akan masuk kembali ke dalam mesin.
    • Hindarkan menghitung uang di tempat yang terbuka
    • Jika kartu tertelan mesin, segera hubungi petugas cabang. Apabila petugas cabang tidak ada segera hubungi Call Mandiri 14000 dan minta kartu agar diblokir.

Apakah kartu dari bank lain dapat digunakan di ATM Mandiri ?

ATM Mandiri dapat digunakan oleh kartu:
  • Kartu Mandiri (logo Visa dan Visa Electron) semua layanan
  • Kartu Kredit Mandiri Visa - tarik tunai dan inquiry tagihan
  • Kartu dengan logo Link Penarikan dan inquiry serta Transfer Antar Bank (ATM Bersama)
  • Kartu dengan Logo ATM Bersama Penarikan dan inquiry serta Transfer Antar Bank (ATM Bersama)
  • Kartu Debit dengan logo Visa/Plus Penarikan dan inquiry
  • Kartu Kredit dengan logo Visa/Plus Penarikan dan inquiry
  • Kartu BSM Penarikan, inquiry, ganti PIN, bayar zakat, transfer

Selain di ATM Mandiri, di ATM mana saja Kartu Mandiri dapat digunakan ?

Kartu ATM Mandiri dapat digunakan di ATM bank lain, yaitu :
  • ATM dengan logo Link (Penarikan dan Inquiry)
  • ATM dengan logo ATM Bersama (Penarikan, Inquiry dan Transfer Antar Bank)
  • ATM dengan logo Visa/Plus (Penarikan dan Inquiry)

Berapa biaya yang ditanggung nasabah bila menggunakan Kartu Mandiri di ATM bank lain :

  • ATM Link : Penarikan Rp. 3.900,-, Inquiry Rp. 2.000,-
  • ATM Bersama : Penarikan Rp. 5.000,-, Inquiry Rp. 3.000,- dan Transfer 5.000,-
  • ATM Visa : Penarikan Rp. 15.000,-, Inquiry Rp. 3.000,-

Bila Kartu Mandiri digunakan di ATM yang ada logo Link, ATM Bersama dan Visa, biaya dari jaringan mana yang dibebankan ke nasabah ?

Apabila kondisi jaringan tidak mengalami permasalahan, maka prioritas routingnya adalah sbb:
  • Link
  • ATM Bersama
  • Visa/Plus

Berapa jumlah penarikan maksimal per hari per kartu ?

Tergantung dari jenis kartu yang digunakan. Untuk Kartu reguler Rp. 5 juta per hari, sedangkan untuk kartu prioritas Rp. 10 juta per hari.

Berapa jumlah maksimal satu kali penarikan di ATM Mandiri :

Transaksi penarikan maksimal per penarikan adalah :
  • Rp. 500.000,- pada ATM dengan denominasi Rp.20.000,-
  • Rp. 1.250.000,- pada ATM dengan denominasi Rp. 50.000,-
  • Rp. 2.500.000,- pada ATM dengan denominasi Rp. 100.000,-
Prinsipnya adalah setiap penarikan maksimal 25 lembar.

Bagaimana melakukan penarikan sampai jumlah maksimal pada ATM dengan denominasi Rp.50.000,- dan Rp. 100.000,-, karena jumlah maksimal yang ada di screen hanya Rp.1.000.000,- dan Rp.2.000.000,- ?

Lakukan melalui menu Penarikan Jumlah Lain (bukan penarikan cepat)

Menu apa sebaiknya yang dipilih bila hanya akan melakukan satu kali transaksi penarikan ?

Menu Penarikan cepat (dengan memilih nominal yang diinginkan)

Menu apa sebaiknya yang dipilih bila akan melakukan penarikan lebih dari satu kali, atau bila akan melakukan penarikan dengan nominal yang tidak terdapat pada pilihan menu penarikan cepat ?

Gunakan Menu Penarikan Jumlah Lain, karena bila menggunakan menu penarikan cepat, kartu akan keluar dari mesin setiap selesai satu kali penarikan. Selain itu pada menu Penarikan Jumlah Lain, jumlah yang akan ditarik bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Berapa biaya yang dikenakan bila melakukan transaksi pembayaran tagihan atau pembelian melalui ATM Mandiri ?

Pada hampir semua transaksi pembayaran tagihan di ATM Mandiri, nasabah tidak dikenakan biaya, kecuali untuk pembayaran tagihan listrik (PLN) nasabah dikenakan biaya Rp. 2.500,- per transaksi

Untuk transaksi lainnya apakah nasabah dikenakan biaya ?

Untuk nasabah Bank Mandiri, hampir semua layanan disediakan secara gratis, kecuali pencetakan 5 mutasi terakhir nasabah dikenakan biaya Rp. 1.000,- per transaksi. Untuk nasabah bank lain akan dikenakan biaya sesuai kebijakan bank-nya.

Siapa saja yang bisa menggunakan layanan transaksi inquiry pinjaman ?

Semua nasabah yang mempunyai kartu ATM dan mempunyai rekening pinjaman perorangan. Rekeningnya tersebut terlebih dahulu harus didaftarkan melalui Cabang

Bila uang di mesin ATM habis, apakah mesin masih bisa digunakan bertransaksi ?

Masih, untuk transaksi-transaksi non cash

Apabila resi/strook transaksi di mesin ATM habis, apakah nasabah masih bisa melakukan transaksi?

Bisa, untuk transaksi selain payment, pembelian dan transfer

Apa yang dilakukan bila pada transaksi yang dilakukan terjadi masalah, misalnya rekening terdebet uang tidak keluar, atau keluar sebagian ?

Lapor segera ke Call Mandiri 14000, dengan menyampaikan data terkait

Berapa lama komplain diproses oleh Bank Mandiri ?

Paling lama 10 hari kerja

Apa saja fitur/layanan ATM Mandiri saat ini ?

Saat ini di ATM Mandiri sudah tersedia lebih dari 100 fitur/layanan, yang pada intinya terdiri dari: (Fitur lengkap lihat di Fitur ATM Mandiri) :
  • Penarikan Tunai
  • Informasi Rekening
  • Transfer Antar Rekening Bank Mandiri dan Antar Bank
  • Pembayaran Tagihan Rutin (PLN, Telpon/HP, HP, Kartu Kredit , Tiket Pesawat dll)
  • Pembelian Voucher Handphone (Mentari, Simpati, XL, IM3 Smart, Flexy, Esia, Fren, 3)
  • Mini Statement
  • Registrasi eBanking : SMS Banking, Internet Banking, Call Mandiri
  • Inquiry Rek. Valas
  • Inquiry Rek. Pinjaman

Bagaimana cara mengetahui lokasi ATM Mandiri ?

Dapat menanyakannya ke Cabang, Call Mandiri 14000, atau lihat di website Bank Mandiri

Berapa jumlah ATM Mandiri yang beroperasi saat ini ?

2.811 ATM

Apa yang dapat dilakukan apabila mendapatkan ada mesin ATM yang tidak beroperasi ?

Bisa menanyakannya ke Call Mandiri 14000

Kenapa pada awal bulan beberapa transaksi pembayaran tagihan tidak dapat dilakukan?

Karena pada saat itu data tagihan dari Operator/Biller belum tersedia

Apa kiat agar transaksi pembayaran tagihan bisa berjalan lebih lancar ?

Dalam melakukan pembayaran tagihan sebaiknya dilakukan tidak pada hari hari terakhir batas waktu pembayaran (due date). Karena pada periode ini transaksi sangat tinggi.

Apa yang bisa dilakukan bila pada saat melakukan transaksi pembelian pulsa, transaksi berhasil rekening didebet namun pulsa belum bertambah?

Nasabah dapat menghubungi Call Mandiri 14000

Bagaimana cara untuk menghindarkan terjadinya transaksi transfer, pembelian atau payment yang tidak benar atau salah bayar?

Biasakan untuk memeriksa kembali dan memastikan semua data yang ditampilkan system pada saat konfirmasi sudah sesuai dengan transaksi yang diinginkan

Bagaimana kiat aman bertransaksi ATM ?

  • Senantiasa jaga kerahasiaan PIN ATM anda dan tutupi jari anda dengan tangan pada saat input PIN di ATM
  • Batalkan transaksi dan segera laporkan ke bank, jika menemukan tanda-tanda yang mencurigakan di ATM, seperti benda-benda asing/kabel yang tidak wajar.
  • Segera pindah ke ATM lain jika lokasi ATM gelap atau tersembunyi
  • Pada saat antrian di ATM pastikan orang lain tidak bisa melihat PIN dan nomor kartu.
  • Periksa bukti transaksi sebelum meninggalkan ATM. Simpanlah bukti tersebut.
  • Segera mengambil uang dan kartu, karena bila terlalu lama tidak diambil maka uang atau kartu akan masuk kembali ke dalam mesin.
  • Hindarkan menghitung uang di tempat yang terbuka.
  • Jika kartu tertelan mesin, segera hubungi petugas cabang. Apabila petugas cabang tidak ada segera hubungi Call Mandiri 14000 dan minta kartu agar diblokir. 

0 komentar:

Posting Komentar